Yuk Kenalan dengan Platform Investasi Equity Crowdfunding dan Kelebihannya

Ada banyak sekali pengusaha di Indonesia. Namun, tak semua pengusaha tersebut mulus dalam menjalankan usahanya. Salah satu hambatan yang paling sering dialami oleh pengusaha baru adalah masalah modal. Banyak pengusaha yang akhirnya menghentikan usahanya karena kekurangan modal dan mengalami kesulitan dalam proses pengajuan pinjaman di bank.

Saat ini, kehadiran equity crowdfunding dapat dijadikan sebagai solusi. Sebenarnya, apa itu equity crowdfunding? Equity crowdfunding dapat dijadikan sebagai salah satu sumber modal bagi pengusaha yang baru merintis usahanya. Prosedur yang dilewati cenderung lebih mudah bila dibandingkan dengan cara mendapatkan modal usaha yang lain.

Apa itu Equity Crowdfunding?

Equity crowdfunding merupakan salah satu jenis penggalangan dana yang digunakan untuk membantu mendanai suatu usaha. Penggalangan dana ini biasanya dilakukan melalui media seperti platform online.

Namun, platform online ini haruslah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Adapun sistem penggalangan dana ini seperti proses pembelian saham. Karena prosesnya dilakukan seperti proses pembelian saham, maka sistemnya akan sangat berbeda dari bank yang biasanya hanya meminjamkan uang saja.

Sistem equity crowdfunding ini memang terbilang cukup baru di Indonesia. Hal ini dibuktikan pada akhir tahun 2019, baru tiga perusahaan yang menyelenggarakan equity crowdfunding dan terdaftar secara resmi di OJK.

Cara kerja dari equity crowdfunding sebenarnya tidak berbeda jauh dengan pasar modal. Terdapat tiga tokoh utama dalam skenario ini.

Pihak pertama disebut sebagai penerbit, dimana penerbit ini merupakan perusahaan yang membutuhkan modal. Pihak penerbit ini nantinya akan menerbitkan saham yang akan ditawarkan kepada calon investor saat melakukan investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah.

Pihak kedua merupakan penyedia layanan yang mana harus terdaftar secara resmi di OJK. Perusahaan sebagai penerbit saham akan menawarkan sahamnya secara langsung melalui layanan yang biasanya berbentuk platform online ini.

Pihak ketiga tentu saja investor yang akan membeli saham yang ditawarkan langsung oleh penerbit. Adapun perusahaan yang dapat menggunakan sistem equity crowdfunding Indonesia ini merupakan perusahaan yang sudah berbentuk Perseroan Terbatas (PT).

Perusahaan ini juga harus dipastikan bukan merupakan perusahaan yang sudah dikendalikan oleh kelompok elit tertentu ataupun sebuah badan usaha tertentu. Perusahaan ini haruslah perusahaan yang mandiri.

Kelebihan Berinvestasi dengan Sistem Equity Crowdfunding

Equity crowdfunding memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan bagi para investor untuk melakukan investasi 100 ribu profit harian. Kelebihan tersebut antara lain adalah:

1. Mendapatkan Keuntungan yang Besar

Jika perusahaan tempat Anda berinvestasi berkembang dan maju, maka keuntungan yang akan didapatkan menjadi lebih besar. Perlu Anda ketahui, ada banyak sekali perusahaan startup yang kemudian berkembang menjadi perusahaan yang besar.

Jika perusahaan tersebut merupakan salah satu perusahaan yang Anda bantu, maka keuntungan yang didapatkan menjadi besar. Untuk mendapatkan keuntungan yang besar, Anda harus pintar dalam memilih jenis perusahaan startup tempat berinvestasi.

Pilihlah jenis perusahaan yang bergerak atau menawarkan produk dengan peluang berhasilnya cukup besar atau yang sedang diminati saat ini. Dengan demikian, peluang perusahaan tersebut akan maju menjadi sangat besar.

2. Mendapatkan Perusahaan yang Sesuai dengan Keinginan

Jika menggunakan sistem equity crowdfunding, maka Anda akan langsung bertemu dengan para pengusaha yang menawarkan saham perusahaannya secara langsung. Anda dapat memilih jenis usaha yang sesuai dengan keinginan. Selain itu, Anda juga dapat bertanya secara langsung mengenai detail perusahaan.

Pada platform yang disediakan, para pengusaha akan mengampanyekan perusahaannya dan apa saja yang akan dicapai. Oleh karena itu, Anda dapat menyesuaikan jenis usaha dan pengelolaannya dengan prinsip bisnis yang Anda miliki.

Jika Anda berinvestasi pada perusahaan yang sesuai dengan prinsip bisnis Anda dan mengetahui detailnya, maka akan muncul kepuasan tersendiri.

3. Berinvestasi dapat Dilakukan dengan Lebih Mudah

Jika berinvestasi melalui equity crowdfunding Indonesia, Anda tidak perlu membutuhkan akreditasi sebagai investor. Dengan demikian, proses investasi dapat dilakukan dengan lebih mudah. Selain itu, melalui equity crowdfunding ini, Anda dapat langsung bertemu dengan pengusaha sehingga proses investasi juga dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien.

Jika Anda ingin berinvestasi dengan mudah, maka equity crowdfunding merupakan salah satu pilihan yang tepat. Dengan cara mudah dan efisien Anda dapat memperoleh keuntungan yang cukup banyak dari perusahaan startup yang telah dipilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *