Tips Mendeteksi dan Memperbaiki Sendiri Perangkat Apple yang Bermasalah Ala Eredeti

Kondisi pandemi membuat insentitas pemakaian smartphone meningkat tajam untuk menopang aktivitas bekerja dari rumah (WFH), baik buat mereka yang memakai ponsel Android maupun iOS. Sebagaimana pengguna ponsel Android, sebagian pemaka produk Apple menghadapi permasalahan pada perangkatnya. Misalnya, layar pecah, iPhone tidak menyala hingga persentase baterai yang sudah menunjukan “service”, dan lain sebagainya. Menurut Heru, pemilik Eredeti Apple Exclusive, pada perangkat Apple seperti iPhone kerap ditemui beberapa masalah seperti LCD atau layar yang pecah atau rusak.

Dia merekomendasikan beberapa langkah jika menghadapi problem pada perangkat Apple. 1. Layar Pecah, Manfaatkan Garansi Apple. Produk Apple biasanya disertai dengan garansi langsung dengan waktu kurang lebih 1 tahun. Layanan ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan jangan terburu buru untuk menjual iPhone Anda yang bermasalah.

Bila status garansinya masih berlaku, hal ini memungkinkan untuk mendapatkan potongan harga, atau bahkan gratis untuk biaya reparasi perangkat yang rusak dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku. 2. Toko Reparasi atau Service iPhone. Jika kartu garansi Apple Anda sudah tidak berlaku, maka jalan satu satunya Anda harus datang ke toko reparas atau service iPhone.

Untuk mereka yang sibuk, Heru menyatakan, Eredeti Apple Exclusive menawarkan layanan konsultasi, termasuk untuk melaporkan keluhan/kerusakan yang terjadi pada produk Apple. Pihaknya memberikan layanan servis untuk semua produk Apple seperti iPhone, iPad, Macbook, hingga iWatch. Selain menyediakan layanan home service, Eredeti sendiri menawarkan promo service iPhone mulai dari 99.000 rupiah.

3. iPhone Tidak Bisa Menyala Salah satu dari banyaknya masalah yang sering terjadi pada iPhone adalah mendadak mati dan tidak bisa menyala. Satu diantaranya adalah gagal saat upgrade IOS, jatuh, tidak bisa di charger, dan perangkat sudah ter jailbreak.

Berikut beberapa langkah utama yang bisa Anda lakukan sendiri: 1. Restart atau Tekan Tombol Power. Tahan tombol Power selama kurang lebih 10 detik, ini bisa jadi langkah pertama yang bisa Anda coba sendiri. Jika belum menyala, coba ulangi sekali lagi.

Jika layar iPhone berkedip dan kemudian muncul logo Apple, disarankan untuk me restart iPhonenya agar fitur yang ada bisa bekerja dengan normal. 2. Tekan Tombol Power dan Tombol Home. Jika iPhone tidak bisa di restart, cara berikut ini sebagai alternatif kedua, yakni dengan menekan tombol Power dan tombol Home secara bersamaan selama 10 detik. Dalam banyak kasus, cara ini memungkinkan untuk menghidupkan kembali iPhone yang tidak bisa menyala.

3. Charge iPhone. Salah satu contoh iPhone tidak bisa menyala mungkin disebabkan karena daya baterai yang sudah sangat rendah. Sehingga iPhone memanfaatkan sisa daya baterai untuk mengamankan data dan pengaturan. Melalui charger adapter atau tancapkan ke port USB komputer untuk mengisi baterai iPhone.

4. Restore iPhone. Jika 3 poin diatas sudah dilakukan dan hasilnya belum juga menemukan solusi, terkadang solusi terbaik yang harus Anda lakukan adalah dengan mengembalikan iPhone ke pengaturan awal. Namun perlu Anda ingat, hal ini akan menghapus semua data dan pengaturan pada iPhone. Jadi sebelum melakukan langkah ini pastikan Anda back up data terlebih dahulu “Restore via iTunes”.

5. Baterai Cepat Habis Baterai iPhone dikenal cepat habis. Tapi jangan panik dulu. Berikut cara untuk mengatasi baterai iPhone yang cepat habis atau boros. 1. Kurangi Jumlah Widget di Lock Screen.

Untuk mengakses widget dari lock screen, Anda bisa geser layar iPhone ke kanan, dan melakukan hal di bawah ini: Geser ke bawah saat di halaman widget, kemudian ketuk tombol “Edit”. Buka ponsel, dan cari menu “Add Widget”. Ketuk lingkaran merah yang ada di samping widget, untuk menghapus Widget. Nanti akan muncul tombol “Remove”, ketuk tombol tersebut. Kemudian ketuk tombol “Done” bila sudah selesai. 2. Nyalakan Modus Low Power Langkah ini memungkinkan iPhone milik Anda dapat bertahan lebih lama sampai Anda menemukan listrik untuk mengisi daya baterai ataupun powerbank.

Coba masuk ke Settings > Battery > lalu geser tombol “Low Power” ketuk mode (aktif) ke kanan untuk menyalakan fitur ini, 3. Balik Layar iPhone ke Bawah Seperti kita ketahui, ketika layar iPhone menghadap ke atas, maka layarnya akan menyala setiap kali mendapatkan notifikasi. Untuk dapat menghemat daya baterai caranya bisa dengan membalik layar iPhone ke bawah juga.

Karena itu, selain menjadi cara paling tepat, juga untuk menghentikan Anda membuka dan membalas setiap notifikasi yang muncul. Karena sensor layar tidak memunculkan notifikasi jika iPhone dalam kondisi terbalik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *