POPULER Internasional: Agen Asuransi di Malaysia Ditemukan Tewas | Di Balik Foto Kerja Donald Trump

Kota terbesar kedua di Azerbaijan, Ganja, dihancurkan oleh pasukan Armenia ketika bentrokan sengit di wilayah Nagarno Karabakh yang sengketakan berlanjut. Wilayah yang disengketakan tersebut secara resmi merupakan bagian dari Azerbaijan. Mengutip ,tetapi, Armenia lah yang menjalankan wilayah tersebut.

Pihak yang memproklamirkan diri di sana mengatakan, mereka menyerang bandara militer Ganja setelah pasukan Azerbaijan menembaki ibu kota wilayah itu, Stepanakert. Namun, Azerbaijan mengatakan tidak ada situs militer Ganja yang terkena serangan. Untuk diketahui, lebih dari 220 orang tewas sejak bentrokan dimulai sepekan lalu.

Lebih jauh, Armenia dan Azerbaijan sudah berperang memperebutkan Nagorno Karabakh pada 1988 94. Akhirnya, Armenia dan Azerbaijan mengumumkan gencatan senjata. Namun, Armenia dan Azerbaijan tidak pernah mencapai penyelesaian atas sengketa tersebut.

Pertempuran saat ini merupakan yang terburuk sejak gencatan senjata. Ada kekhawatiran bahwa jumlah korban tewas sebenarnya di antara militer dari semua sisi serta warga sipil bisa jauh lebih tinggi, karena klaim korban belum diverifikasi secara independen. Militer Azerbaijan mengatakan, pasukannya telah merebut kembali kendali atas tujuh desa sejak Minggu lalu.

Sementara Nagorno Karabakh mengatakan pasukannya telah "meningkatkan" posisi garis depan mereka. Awal pekan ini, Armenia mengklaim pihaknya "siap untuk terlibat" dengan mediator dari Prancis, Rusia dan AS untuk mencoba menyetujui gencatan senjata. Azerbaijan, yang secara terbuka didukung oleh Turki, telah menuntut penarikan pasukan Armenia dari Nagorno Karabakh dan daerah sekitarnya yang direbut oleh pasukan etnis Armenia.

"Nagorno Karabakh adalah tanah kami," kata Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev dalam pidato yang disiarkan televisi kepada negara itu pada Minggu. Da juga menuntut Armenia meminta maaf kepada negaranya dan memberikan jadwal untuk penarikan mereka. "Inilah akhirnya. Kami menunjukkan kepada mereka siapa kami. Kami mengejar mereka seperti anjing."

Secara terpisah, dalam pernyataan singkatnya pada Minggu, Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengatakan, pasukan Armenia menembaki Ganja, sebuah kota Azerbaijan barat yang terletak di utara Nagorno Karabakh. Menteri Pertahanan Zakary Hasanov mengatakan, ini adalah langkah "provokatif" yang memperluas konflik. Media lokal melaporkan, seorang warga sipil tewas dalam serangan tersebut.

Dalam pernyataan selanjutnya, Kementerian Pertahanan mengatakan: "Informasi yang disebarkan oleh pihak Armenia tentang dugaan penembakan fasilitas militer di kota Ganja adalah provokatif dan palsu. "Akibat tembakan musuh, warga sipil, infrastruktur sipil, dan bangunan bersejarah dirugikan," katanya. Turki mengutuk penembakan Ganja dan menuduh Armenia "menargetkan warga sipil".

Namun, Juru bicara Kementerian Pertahanan Armenia Shushan Stepanyan mengatakan, "tidak ada yang menyulut api dari wilayah Armenia ke arah Azerbaijan". 1.Wilayah yang diperebutkan merupakan daerah pegunungan dengan luas sekitar 4.400 km persegi (1.700 mil persegi). 2. Secara tradisional, wilayah Nagarno Karabakh dihuni oleh orang orang Armenia Kristen dan Muslim Turki.

3. Di masa Soviet, Nagarno Karabakhh menjadi wilayah otonom di dalam republik Azerbaijan. 4. Nagarno Karabakh diakui secara internasional sebagai bagian dari Azerbaijan, tetapi mayoritas penduduknya adalah etnis Armenia. 5. Otoritas yang memproklamirkan diri tidak diakui oleh anggota PBB mana pun Armenia.

6. Diperkirakan satu juta orang mengungsi akibat perang pada 1988 94, dan sekitar 30.000 tewas. 7. Pasukan separatis merebut beberapa wilayah ekstra di sekitar kantong di Azerbaijan. 8. Kebuntuan sebagian besar terjadi sejak gencatan senjata tahun 1994.

9. Turki secara terbuka mendukung Azerbaijan. 10. Rusia memiliki pangkalan militer di Armenia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *